Taman Nasional Gede-Pangrango : Favorit Tapi Sampah Menumpuk

Taman Nasional Gede - Pangrango ( TNGP ) adalah salah satu dari lima Taman Nasional pertama di Indonesia. Penamaan Taman Nasional ini berasal dari dua nama gunung yaitu : Gunung Gede ( 2958 m dpl ) dan Gunung Pangrango ( 3019 m dpl ) yang terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Taman Nasional Gede - Pangrango merupakan salah satu daerah terbasah, di mana curah hujannya mencapai 3000 - 4000 mm / tahun, dengan suhu berkisar antara 10 - 18 derajat Celcius dan merupakan daerah pegunungan relatif asli di pulau Jawa, yang belum terpengaruh oleh usaha eksploitasi yang dilakukan manusia. Kawasan TNGP mempunyai ketinggian antara 1000 - 3000 m dpl.

Gunung Gede - Pangrango merupakan bagian gunung berapi yang membujur mulai dari Sumatera, Jawa, hingga Nusa Tenggara. Gunung Gede termasuk dari 35 gunung berapi di pulau Jawa yang masih aktif. Letusan gunung ini tercatat pertama kalinya pada tahun 1747, sedangkan letusannya yang terakhir pada tahun 1974. Saat iru Gunung Gede mempunyai kawah aktif yang mengeluarkan belerang Bioksida ( So2 ) dan Hidrogen Sulfida ( H 2 S ) yangmemberikan aroma tersendiri apabila mendekati puncak / kawah. Sedangkan Gunung Pangrango dinyatakan tidak aktif lagi atau mati.

Secara keseluruhan hutan di kawasan Gede Pangrango digolongkan pada tipe hutan hujan tropis pegunungan, berdasarkan perbedaan tinggi tempat. Mulai dari ketinggian 1500 m dpl - 2400 m dpl termasuk tipe hutan pegunungan (montana) yang didominasi tumbuhan Puspa (Schima waliichi ) dan Jamuju ( Dacrycarpus imbricatus ). Pada ketinggian 2400 m dpl sampai puncak gunung terhampar pemandangan indah hutan sub alpin yang jenis pepohonannya semakin rendah, atau kerdil dan didominasi oleh Cantigi ( Vaccinium varingiaefolium ), tumbuhan, tanah dan batu yang ditumbuhi lumut tebal. Di tempat terbuka sekitar puncak tumbuh bunga abadi yang lebih dikenal dengan nama Edelweis ( Anaphalis kjacvanica ).

Kawasan Taman Nasional Gede - Pangrango merupakan rumah dari 250 jenis burung, salah satunya adalah Elang Jawa ( Spizhetus bartelsii ) yang dijuluki " Satwa Dirgantara ". Keanekaragaman jenis burung yang paling tinggi ·terdapat di sub zona montana, dikarenakan makanan lebih banyak tersedia di wilayah ini, dengan pohon tinggi, besar dan rindang sehingga merupakan tempat ideal bagi berbagai jenis burung. Pada pagi hari sampai jam 10.00 WIB dapat dinikmati merdunya kicauan serta aneka warna berbagai jenis burung. Sedangkan dari jenis mamalia yang tercatat hidup di kawasan Taman Nasional Gede - Pangrango ini ada sekitar 110 jenis, diantaranya jenis-jenis primata seperti : Monyet ( Macaca fascicularis ), Lutung ( Trachypithecus auratus ) dan Owa ( Hylobates moloch ) yang sering ditemukan di zona montana dan sub montana sekitar jam pukul 08.00 WIB - 11.00 WIB.

Jejak macan tutul ( 'Panther pardus ) sering kali ditemukan di jalur pendakian. Ienis mamalia lainnya yang sering ditemukan adalah Kijang (,Muntiacus muntjak ), Babi Hutan ( Sus spp ) serta Tikus dan Tupai. Sigung ( Mydaus javensis ) sering menampakkan diri pada malam hari di sekitar kandang badak dan tak segan-segan mencuri makanan pendaki.

Bersih Gunung di Gede-Pangrango
Gunung Gede-Pangrango merupakan gunung paling favorit dan ramai dikunjungi para pencinta alam dan pendaki gunung, terutama di akhir pekan atau pada musim liburan, karena kedua gunung ini mudah dicapai hingga puncak. Kondisi ini menyebabkan banyaknya sampah dan kotoran berserakan di Gede - Pangrango, karena harus kita akui masih sangat kurangnya kepedulian dan kedisiplinan masyarakat Indonesia terhadap lingkungannya.

Dalam rangka memperingati Tahun Gunung Internasional 2002 ( The International Year of Mountains 2002 ) sekaligus memperingati Hari Pariwisata In#ernasional dan Nasional, Kementerian Kebudayaan Pariwisata dan Badan Pengembangan Kebudayaan Pariwisata : kerja sama dengan Pemda Cianjur; Perum Perhutaru .dan Pecinta Alam Indonesia mengadakan kegiatan Bersih Gunung di Taman Nasional Gede-Pangrango pada tanggal 24 - 27 September 2002.

Kegiatan yang diikuti oleh 204 pendaki dari berbagai kalangan pecinta alam ini adalah untuk membersihkan dan memungut berbagai jenis sampah dari dua pintu masuk resmi Gede -Pangrango yaitu : Cibodas dan Gunung Putri di . sepanjang jalur pendakian. Dari pengamatan Tamasya yang ikut serta, walau tidak sampai puncak, ada beberapa macam jenis sampah yang harus diambil oleh pendaki, yaitu berupa : puntung rokok, kaleng makanan; lcaleng minuman, tutup botol, batere bekas, plastik, bungkus permen; botol minuman, dan lain-lain. Alhasil selama 3 hari pembersihan jalur telah berhasil diangkut sebanyak 300 karung sampah dari kedua jalur pendakian tersebut.

Sangatlah disayangkan, kurang disiplinnya para pendaki dalam mentaati peraturan yang telah ditentukan. Begitu juga pada acara penutupan bersih gunung ini, Menteri lCebudayaan dan Pariwisata I Gede Ardika merasa terharu, mengapa di Gunung Gede - Pangrango ini masih dapat dikumpulkan beratus-ratus karung sampah yang berhasil diturunkan.

Sebenarnya pihak Taman Nasional selalu menghimbau kepada setiap pendaki yang ingin melakukan pendakian ke puncak Gede - Pangrango yaitu berupa wejangan dan nasehat agax janganlah sekali-kali membuang Sampah.di dalam kawasan Taman Nasional, bawalah sampah turun kembali dan jangan ditinggalkan di sepanjang jalur pendakian: Tapi kenyataannya himbauan ini tidak berlaku bagi sebagian besar pendaki. Mereka menganggap bahwa itu hanyalah himbauan belaka. Alhasil sampah-sampah menumpuk dan berserakan di sepanjang jalur Gede Pangrango.

Tujuan acara bersih gunung ini adalah untuk mengajak seluruh komponen masyarakat Indonesia khususnya untuk bersama-sama melakukan kegiatan membersihkan gunung yang ada di wilayahnya masingmasing. Kegiatari ini juga merupakan sarana pendidikan publik untuk selalu memelihara kebersihan dan kesehatan di lingkungan objek dan daya tarik wisata, yang merupakan upaya nyata bersama untuk memelihara; melindungi dan menjaga kelestarian ekosistem gunung sebagai penyangga kehidupan: Juga tentunya untuk mempromosikan kepada masyarakat luas bahwa salah satu tujuan kegiatan pariwisata adalah pegunungan, khususnya generasi muda (Pecinta Alam Indonesia) dalam rangka menanamkan rasa tinta akan tanah air.

Tiga Pintu Resmi
Taman Nasional Gede - Pangrango dapat dituju melalui 3 pintu resmi yaitu : Cibodas, Gunung Putri Cipanas dan Selabintana Sukabumi. Dari Cibodas berjarak 100 km dari Jakarta ke arah Cianjur atau sekitar 2 jam perjalanan, dan 80 km dari Bandung ke arah Bogor atau sekitar 2 jam berkendaraan roda empat.

Rute yang ditempuh untuk menuju Puncak Gede - Pangrango adalah : Pintu Gerbang Taman Nasional, Telaga Biru, Rawa Gayonggong, Air Terjun Cibeureum, Air Panas, Kandang Batu, Kandang Badak, Puncak Gede, Alun-Alun Suryakencana, Puncak Pangrango. Rute dari Gunung Putri berjarak sekitar 7 km dari Cipanas atau 1,5 jam berkendaraan roda empat, melalui : Bumi Perkemahan Bobojong, Buntut Lutung, Simpang Malaber, Alun-Alun Suryakencana, Puncak Gede, Puncak Pangrango. Sedangkan dari Salabintana sekitar 11 km ke arah utara dari pusat kota Sukabumi atau sekitar 1,5 jam berkendaraan melalui : Bumi Perkemahan Pondok Halimun, Air Terjun Cibeureum, Cigegeber, Cileutik, Alun-Alun Suryakencana, Puncak Gede, dan Puncak Pangrango.

Diharapkan dengan dipilihnya Taman Nasional Gede - Pangrango dalam rangka bersih gunung iru, akan menjadi contoh kepada para pendaki gunung untuk selalu menjaga dan tidak membuang sampah sembarangan di sepanjang jalur pendakian, dan selalu mentaati peraturan yang telah diberikan oleh pihak Taman Nasional unfiuk jangan menangkap, melukai, membunuh satwa, memetik bunga edelweis dan tumbuhan lainnya. Anda ada di dalam lingkungan alam, berusahalah mencintai alam dan hiduplah, dengan nuansa alam.

Posting Komentar

2 Komentar

hijau mengatakan…
iya kang memang Tn Gede Pangrango banyak sampah akibat "PA" tanda kutip yang kagak nyadar......
budi mengatakan…
Menurut saya, sebaiknya para pendaki tidak perlu sekali membawa persediaan makanan ataupun materi non organik, dan belajar hidup dialam liar.
Klau bisa jgan bawa air mineral dan sebagainya, entar botolnya dibuang sembarangan.....
advertise

Subscribe Text

Jangan lewatkan info kegiatan kami