Coklat bisa menyebabkan.....


menanggapi permintaan dari seorang teman yang memaksa terus minta coklat, dengan berat hati ( heu..heu..gak ikhlas nih..) maka saya jadikan itu sebagai bahan posting hari ini, sebetulnya sudah banyak yang membuat judul dan membahas tentang coklat. di sini saya hanya mencoba menghadirkan kembali dengan bahasa dan dialek saya sendiri...ciee.... artikel ini wajib di baca untuk kamu-kamu yang coklat minded atau yang pernah makan coklat. termasuk aku juga hehe..

Kata coklat berasal dari xocoatl (bahasa suku Aztec) yang berarti minuman pahit. Suku Aztec dan Maya di Mexico percaya bahwa Dewa Pertanian telah mengirimkan coklat yang berasal dari surga kepada mereka. Cortes kemudian membawanya ke Spanyol antara tahun 1502-1528, dan oleh orang-orang Spanyol minuman pahit tersebut dicampur gula sehingga rasanya lebih enak. Coklat kemudian menyebar ke Perancis, Belanda dan Inggris. Pada tahun 1765 didirikan pabrik coklat di Massachusetts, Amerika Serikat.

Rasa asli biji coklat sebenarnya pahit, itu karena ada kandungan alkaloid, tetapi setelah melalui rekayasa proses dapat dihasilkan coklat sebagai makanan yang disukai oleh siapapun. Biji coklat mengandung lemak 31%, karbohidrat 14% dan protein 9%. Protein coklat kaya akan asam amino triptofan, fenilalanin, dan tyrosin. Meski coklat mengandung lemak tinggi namun relatif tidak mudah tengik karena coklat juga mengandung polifenol (6%) yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah ketengikan.

Coklat juga mengandung theobromine dan kafein. Kedua substansi ini telah dikenal memberikan efek terjaga bagi yang mengkonsumsinya. Oleh karena itu ketika kita terkantuk-kantuk di bandara atau menunggu antrian panjang, makan coklat cukup manjur untuk membuat kita bergairah kembali.

coklat juga menjadi menu favorit yang selalu hadir di setiap pendakian dan sangat disenangi oleh setiap pendaki. karena dengan mengkonsumsi coklat selain bisa menjadi alternatif penghilang haus, selain itu coklat juga bisa memberikan efek terjaga bagi yang mengkonsumsinya. hal ini karena Coklat mengandung theobromine dan kafein,Oleh karena itu ketika kita terkantuk-kantuk di saat bekerja atau menunggu antrian panjang, makan coklat cukup manjur untuk membuat kita bergairah kembali.

Sering timbul pertanyaan seberapa banyak kita boleh mengkonsusmi coklat? Tidak ada anjuran gizi yang pasti untuk ini, namun demikian makan coklat 2-3 kali seminggu atau minum susu coklat tiap hari kiranya masih dibolehkan.

Makan coklat tidak akan menimbulkan kecanduan, tetapi bagi sebagian orang rasa coklat yang enak mungkin menyebabkan kerinduan untuk mengkonsumsinya kembali. Ini yang disebut chocolate craving. Dampak coklat terhadap perilaku dan suasana hati (mood) terkait erat dengan chocolate craving. Rindu coklat bisa karena aromanya, teksturnya, manis-pahitnya dsb. Hal ini juga sering dikaitkan dengan kandungan phenylethylamine yang adalah suatu substansi mirip amphetanine yang dapat meningkatkan serapan triptofan ke dalam otak yang kemudian pada gilirannya menghasilkan dopamine. Dampak dopamine adalah muncul perasaan senang dan perbaikan suasana hati. Phenylethylamine juga dianggap mempunyai khasiat aphrodisiac yang memunculkan perasaan seperti orang sedang jatuh cinta (hati berbunga). Konon Raja Montezuma di jaman dahulu selalu mabuk minuman coklat sebelum menggilir harem-haremnya yang berbeda setiap malam.

Belum ada bukti bahwa coklat menimbulkan jerawat. Coklat juga tidak bisa dikatakan sebagai penyebab utama munculnya plaque gigi karena plaque gigi juga bisa timbul pada orang yang mengkonsumsi makanan biasa sehari-hari. Hanya saja coklat perlu diwaspadai, khususnya bagi orang-orang yang rentan menderita batu ginjal. Konsumsi 100 gram coklat akan meningkatkan ekskresi oksalat dan kalsium tiga kali lipat. Oleh karena itu kiat sehat yang bisa dianjurkan adalah minumlah banyak air sehabis makan coklat. ( dari berbagai sumber)

Posting Komentar

12 Komentar

tyas mengatakan…
makasih coklatnya ya, Bie.. jadi, coklat nggak bikin jerawatan..? kalo gitu, nambah lagi deh.. tolong dipaketin yah..
Syamsul Alam mengatakan…
Wah... lengkap amat coklatnya.... huehuehueh...... Makin cinta dengan coklat aku.. hihihihi....
Atca mengatakan…
wahhh I like chocolate..
kalo gitu makan jerawat biar jadi coklat he..he..
raka mengatakan…
whew mangkaning suka juga coklat nee, biarin ah minum aza yg banyak ya abie ... kalo naek gunung juga kan suka bekelnya coklat hehehe, energy instan katanya ;)) kapan ateuh ngirim coklatnya hehehe.
BeeMouNTaiN mengatakan…
haha...coklat..I like U..
brigaspad mengatakan…
susah ngilangin coklat dari hidup aku neeh....!!
ifat mengatakan…
yumi....coklat....moooooo.....ada yang mo ngasih gk aku gk yah
Digital Baca : mengatakan…
Mantabs.. postingnya lengkap dari semua sumber jadi lebih mantabs lagi..
Klo mau ngirim coklat ke "Digital Baca" aku tunggu lho...
he... he.. he...
Makasih infonya
BeeMouNTaiN mengatakan…
coklat bisa bikin bahagia di kala duka, bener nga??
brigaspad mengatakan…
bagi coklatnya lagi broo!!!
Indra Putu Achyar mengatakan…
coklat bisa menyebabkan....
kanker, serangan jantung, ompotensi dan gangguan kehamilan dan janin...
come n share mengatakan…
Bukankah coklat untuk valentine?? hehehehe
advertise

Subscribe Text

Jangan lewatkan info kegiatan kami