tiga hal yang harus di perhatikan sebelum mendaki

sering kali dijumpai dalam setiap pendakian gunung, baik yang dilakukan secara profesional maupun amatiran. Prosedur keselamatan dalam pendakian gunung sendiri mencakup beberapa aspek yang sering di sebut dengan PPT atau People, Process, and Technology.

1. People

Adalah individu yang melakukan kegiatan itu sendiri, menurut beberapa mountainners, standar jumlah personil team dalam melakukan sebuah kegiatan pendakian adalah minimal 3 orang. dengan jumlah personil seperti ini, ketika terjadi accident di lapangan, pembagian tugas kelompok dalam merescue korban dapat berjalan dengan baik. Hindari memilih teman mendaki gunung yang tidak begitu anda sukai, karena dalam mendaki gunung membutuhkan kerja team yang kompak, jangan sampai anda mendaki gunung dengan membawa dendam pribadi kepada salah satu anggota team, sehingga menyebabkan cekcok fisik, kecelakaan yang disengaja, hingga kematian, karena masing-masing personil tidak bisa menjaga kekompakkan team.

2. Process

Yang dimaksud process disini adalah bekal pengetahuan seorang pendaki gunung mengenai prosedur keselamatan, tekhnik P3K standar, dan aturan-aturan seputar kegiatan yang akan dilakukannya. Diharapkan dengan mengetahui tekhniknya, setiap personil minimal dapat bertanggung jawab terhadap keselamatan dirinya sendiri maupun kelompok, sehingga meminimalisir terjadinya bahaya di lapangan.

3. Technology

technology yang dimaksud adalah penerapan alat-alat yangberkaitan dengan prosedur keselamatan dalam pendakian tersebut. Survival kit adalah kumpulan peralatan vital yang dapat menyelamatkan pendaki jika tiba-tiba terjadi accident atau situasi survival di lapangan, karena dalam mendaki gunung setiap kemungkinan tidak dapat di prosentasekan dengan kurat.

Dari ketiga komponen tadi dapat tercipta suatu kenyaman dalam kegiatan pendakian gunung. Jika salah satu dari komponen tersebut dipisahkan dari strukturnya kegiatan pendakian gunung dapat membahayakan nyawa para pelakunya (keluar dari konteks takdir loh

Edukasi terus menerus tentang prosedur keselamatan dalam mendaki gunung, dapat menciptakan ketenangan dalam perjalanan tanpa harus terlalu memikirkan resiko yang akan dihadapinya. bukankah lebih baik menjaga daripada dijaga. ( Dari berbagai sumber)
6 komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah dibalik hilangnya tujuh pendaki

Pendaki Punya Puisi

JALUR PENDAKIAN ALTERNATIF GUNUNG GEDE