Kisah dibalik hilangnya tujuh pendaki


...hahahaha.. kata itu yang pantas aku ucapkan setelah selesai mendaki bersama TIM Gabungan pencari korban. Betapa tidak, berawal dari kepanikan salah seorang anggota pendaki, hingga akhirnya merembet ke kota bahkan seluruh negeri, menjadi berita utama media massa, dikhawatirkan orangtua, dan dicari-cari puluhan orang di gunung, padahal mereka sendiri (merasa) baik-baik saja di gunung. Sempat ada dugaan, bahwa Trias yang bukan anggota Tribuana digojlok oleh teman-temannya, sengaja disuruh berjalan sendiri, hingga kemudian dia panik dan mengirim sms ke salah satu temannya di Jakarta. Tapi hal ini tidak benar, kata Zion, leader, yang mengatakan bahwa Trias memang mendahului teman-temannya agar lebih cepat mencapai puncak. Trias hampir terjebak gelap, panik, Selama beberapa hari mereka menjadi berita utama di media massa, sementara (katanya) mereka baik-baik saja di gunung. Bahkan oleh warga yang menemukan mereka katanya mereka sedang enak-enak bikin sop ayam. Tentu saja mereka mengelak dan mengatakan "kami sedang bersiap, keadaan sudah steril ketika bapak itu datang."

Kesalahan ini terjadi, sepertinya, karena kurangnya koordinasi. Kegiatan pendakian yang bukan kegiatan kampus alias kegiatan mandiri ini berujung pada kepanikan besar-besaran.Katanya mereka sudah mengirim sms lagi setelah sms ' saya terpisah dari teman2' yang mengabarkan mereka baik-baik saja. Diduga, sms itu nggak dianggep sama teman mereka di kota, atau mungkin tidak terkirim. Yah, taulah..sinyal di gunung ilang-timbul begitu. Alhamdulilah mereka emang selamat, mereka baik-baik aja, tidak tersesat, luka, sakit, bahkan tewas.

Lalu mereka pun ditanya, " Kan sekarang musim hujan, cuaca di gunung tidak dapat ditebak. Memang tidak ada etikanya pendaki untuk tidak naik di musim seperti ini?Atau jangan2..cari sensasi?"
" Yah, kami murni pingin aja, taulah jiwa muda dapat dimaklumi. Kami emang pingin merasakan bagaimana pendakian di gunung ketika musim hujan.."

perhatian : jangan ikuti jejak mereka karena gara gara mereka aku jadi ngga bisa Blog walking deh selama 4 hari..sial!!!

udah deh kalau mau mendaki lagi nih kamu baca tips nya biar selamat saat mendaki gunung :

1. Berdo'a, minta ijin orTu, bila perlu cium tapak kaki mereka (kata pepatah "surga dibawah telapak kaki ibu") dan beritahukan kemana kita akan pergi mendaki, karena kalau terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan akan memudahkan mereka untuk melakukan pencarian..jangan pernah memberikan informasi palsu hanya karena kita ingin di ijinkan pergi...

2. Bawa identitas pribadi yang berlaku. biar memudahkan nanti pada saat evakuasi oleh TIM SAR, kalau kamu menjadi korban orang hilang atau nyasar di gunung (semoga itu tidak terjadi...)

3. Pastikan kamu atau salah satu dari teman kamu, mengetahui medan dan seluk beluk tempat yang akan jadi tempat adventure kamu.

4. Gunakan Jalur resmi (legal) jangan sekali2 melakukan pendakian menggunakan jalur ilegal kecuali kalau kamu punya perusahaan asuransi sendiri ngga apa-apa. masalahnya kita kan ngga tau ya kondisi yang akan menimpa kita seperti apa nanti di lapangan., jadi mending ikutin aturan aja dech biar selamat. ok sob !

5. Lihat kondisi cuaca di tempat adventure kamu sebelum mendaki,cari tau kondisi terakhir medan pendakian di sana seperti cuaca, jalur pendakian dan biasanya ada beberapa gunung yang menyimpan mitos tersendiri. nah kamu cari tau itu dengan cara mengirimkan 1 atau 2 anggota tim yang akan mendaki untuk berangkat ke lokasi, sebaiknya dilakukan 3 hari menjelang pendakian.baik enggak nya perjalanan untuk diteruskan atau pending tergantung dari survey lokasi temen kamu itu.

6. Cek kondisi badan juga, klo ngerasa enggak fit, mendingan jangan dech, dari pada entar nyusahin diri sendiri dan teman2.

7. jangan lupa bawa bekal yang cukup,makanan dan minuman ringan dan uang yang banyak ( Kartu ATM nga berlaku lo kalo disana). untuk makanan yang paling efektif di bawa sebagai bekal bagusnya sih makanan yang manis-manis ( kaya mau buka puasa aja heu heu..), karena rasa manis bisa menjadi alternatif saat kamu kehabisan air minum ( kalau aku sih biasanya bawa gula merah..hehe murah dan menyegarkan!) jangan bawa2 makanan yang asem-asem, pedas apalagi kadaluarsa. ini serius lo!

8. Bawa peralatan buat jaga jaga,sehingga pada kondisi tertentu bisa di gunakan misalnya (senter, garam buat binatang 2 melata, tali tampar, perban dan obat luka, kompas, Pluit. dll). kalau menurutku yang paling utama yang tidak boleh tidak adalah makanan, kompas dan pluit. kok pluit sih seperti wasit aja heu heu..peluit bisa menyelamatkan disaat kamu malas teriak atau sudah kehilangan suara gara gara 4 hari ngga makan..kan ceritanya ni lagi nyasar, jadi tiuplah pluit sekeras mungkin!

9. Bawa peralatan untuk tubuh,misalnya jaket,alas buat tidur/sleeping bag.

10. Buat yang punya penyakit seperti asma,jantung, diare jangan lupa bawa obat yach. soalnya digunung ngga ada warung lo..kecuali pendakian ke tempat wisata seperti gunung Tangkuban Perahu sih kita gak usah khawatir soalnya di atasnya banyak warung.

11. pakailah pakaian jenis kaos,usahakan jangan pake berbahan katun,jangan lupa pake sepatu atau sandal yang khusus buat naik gunung. Ingat jangan sendal jepit!! karena disamping ngga tahan lama sandal seperti itu mudah putus tengah jalan.

tips ini telah dipakai oleh beberapa pendaki lokal dah terbukti ampuh serta efektif dan murah....nah semoga bermanfaat dan selamat mengarugi petualangan - petualangan berikutnya

Posting Komentar

33 Komentar

yUsev@ mengatakan…
wah.... ternyata kisahnya lucu juga y...
aQ termasuk rakyat indonesia yang rajin ngikuti perkembangan usaha pencarian para pendaki itu..

tapi apa pun kisah dibalikny, aq bersyukur mereka semua selamat ,..
Indra Putu Achyar mengatakan…
jadi mana yang ener niiii.... di berita dikatakan hilang!!!!! hueheheheheheheheheheheheheh jadi binun, tapi syukur deh kalo semuanya selamat...

naaah teman-teman, bener tuuuh apa yang dikatakan oleh abie, itu tips yang bagus untuk kalian yang mau mendaki gunung!!! asal jangan mendaki gunung kembar aja, huehehehehehe
BeeMouNTaiN mengatakan…
kang indra gunung kembar itu khusus buat pendaki yang udah 17 tahun ke atas, kalo belum jgn coba2 deh..ntar malah nyasar beneran..
yang bener mereka selamat..yang enam orang itu ditemukan oleh penduduk sekitar lagi pada bikin opor ayam..ada2 saja..abie nyari 3 hari ngga ketemu eh malah reunian digubug sambil makan2 dasar anak muda...hahaha
tyas mengatakan…
iya yah.. ngeri ternyata naik gunung itu..
apa lagi kalo misscommunication gitu..
tp oke juga buat bikin sensasi yaaa....
bdh mengatakan…
kalau perlu jangan mendaki gunung yang terlalu tinggi he he he bukit aja deh, jadi kalau nyasar gampang ketemu jalan baliknya....
BeeMouNTaiN mengatakan…
kalau buat pendaki pemula ( yang ada di bandung) mending maen ke gunung batu aja..di jamin kalo disitu ga bakal kesasar..soalnya banyak warung haha...
taree mengatakan…
assalamu'alaykum.. hmm lucu juga tapi tetep ada pelajaran yang bisa di ambil, salah satunya melatih kesabaran mas...
BeeMouNTaiN mengatakan…
bener banget..kalo kita nggak sabar wah..bawaannya pengen ngasih pelajaran tuh ke anak2nya...sip trims ya tari
Digital Baca : mengatakan…
Semua kejadian pasti ada hikmahnya, Syukur deh klo semuanya pada selamat.
Mas Abie oleh-olehnya apa ya....?
brigaspad mengatakan…
Ini dia yang kadang bikin orang salah pahan,.. setelah wacana berkembang kemana mana nggak tahunya,...walaah....!!!!
BeeMouNTaiN mengatakan…
oleh2 nya pegel nih kaki wakakak..
bener bro gara2 salah paham juga tuh akhirnya kaya gitu.
Li mengatakan…
abieeee.....kapan ngajak gw naek gunung...^^
BeeMouNTaiN mengatakan…
nanti aja ah kalo ada korban yang hilang lagi aku ajak ya..hahaha..
Atca mengatakan…
Wahh
kirain ada yang ilang beneran..
Btw aku dulu suka dibawain bunga edelweis kalo temenku ada yg mendaki gunung...
Kayaknya sseru ya..persiapannya cukup heboh juga he..he..
SOLOVERS mengatakan…
syukur deh nggak ada yg ilang hehehe
harnis mengatakan…
Wah mereka tuh cuma ngerepotin orang banyak, saya jg ikuti beritanya di teve, lain kali ke himalaya aja sekalian biar lebih heboh en ngetop gitu.
Bravo Abie.
Dadang Firdaos mengatakan…
KEMANAPUN MELANGKAH KALO SESUAI PROSEDUR, AMAN2 AJA CUY...

REKANBISNISKU | blog rekan bisnis
Deta Deswi Diatika mengatakan…
hohohoh... emang napa kalo berbahan katun???

tp bagus nie tipsnya....
wahahahaha,,, secara... udah sering naik turun gunung...

mas, pernah ada pengalaman gak ttg mitos di beberapa gunung???
suryaden mengatakan…
jadi tim pencari harus rela dong... kehilangan waktu, tapi kok syarat-syaratnya banyak amat kekekke....
seira 277 mengatakan…
Syukurlah mereka semua selamat...Semoga bisa dijadikan pelajaran bwt semuanya...Tips2nya berguna bngt tuh bwt yg mo naik gunung..

cheers
zhind mengatakan…
tips yang bagus kang....mang ada2 ja tu anak2,untunng mereka yg bikin opor bukan mereka yang di opor ma binatang buas di gunung,heheh....
Denny Herdian mengatakan…
Yang ngasi Tips kan ahlinya hiking...ya mantaplah..

btw lo termasuk anggota SAR -nya juga ya Bi.. hehehehe
dwinacute mengatakan…
thanks tipsnya. kacian kamu gak bisa blogwalking. sekarang di puasin deh walking2nya
MU Fans mengatakan…
klo mendaki itu memang hrs beresiko...makanya aq tdk terlalu suka!

Thx atas kunjungannya ya bro...
Didiet mengatakan…
yg penting kalo mendalki lihat2 dulu cuacanya sebelum mendaki ya itu berdoa dahulu
gdpermana mengatakan…
"perhatian : jangan ikuti jejak mereka karena gara gara mereka aku jadi ngga bisa Blog walking deh selama 4 hari..sial!!!"

tetep inget ngeblog.hehehe
Mentari mengatakan…
ada tambahan lagi neh..jangan lupa pamitan ma kekasih hehehe..juga sama si mbok, sama tetangga, sama yg tempat ngutang, sama sahabat, sama jangan lupa tulis kan sepucuk surat wasiat, jadi kalo sekalian pegi udah pada memaafkan dan dianggap lunas..hakakaka..
becanda bro....
BeeMouNTaiN mengatakan…
iya..bener juga ya...surat wasiat...ntar deh aku tambahin yaa
Diary Pink mengatakan…
wah... saya gak pernah naik gunung kalo naik gunung bakalan nyasar kalo gak ada temen...

sorry baru berkunjung... internetnya agak dodol kalo kesini mesti postingan gak kebuka-buka lamaaa banget....blogmu lumayan berat kebanyakan banner tuh...
BeeMouNTaiN mengatakan…
iya deh ntar kau atur2 lagi...
Anna dTeepZ mengatakan…
wedew blognya pendaki yap ene.....bagus euy ceritanya
Gus DuL mengatakan…
nyasar digunung mah jangan panik...
nyasar di kota baru...
wedeww....
aaLiL mengatakan…
test...
advertise

Subscribe Text

Jangan lewatkan info kegiatan kami