Kegagalan sebagai berkah?

Iseng iseng sambil diem dekat jendela kamar sesekali membuka kompi melihat teman yang nyasar di blog gunung dan melihat komentar komentar unik yang masuk dan ternyata isinya sangat menggelitik unik dan menarik sekali padahal kalau di bolehkan sih ingin kuteriakan..... Climber juga manusia punya rasa punya hati jangan samakan dengan pisau belati..( ......... Feat candill wekks ) huuuhhhhh...gak nyambung ya!!!!!!!

Kalau mau tau sebenarnya manusia seperti saya ini mungkin termasuk tipe orang yang belajar dari kegagalan (ngakunya sih?) Jadi pada saat disuguhi kesuksesan malah kurang greng. soalnya sudah biasa bersahabat dengan kegagalan dan setiap kali membaca buku adventure pun hampir kebanyakan membahas tentang 'ketidak suksesan' atau 'kematian' (halah maksudnya bukan justified kalau petualang itu emang nggak takut mati).

Ada buku menarik yang saya ingat terus ( kayaknya ingatan buku ini deh dari pada pe-er dari teman teman bloger dan buku itu masih setia menemani lemari tua yang kumiliki. buku itu menceritakan Kisah kelima wanita pemanjat gunung K2 yang dimulai dari awal ketertarikan mereka, petualangan hingga kisah kematian mereka yang tragis. Pergulatan mereka mencari dana, mencoba membuktikan kemampuan di dalam dunia yang maskulin hingga kisah asmara dan kegalauan hubungan dengan suami/pacar ataupun rekan setim.

Jika melihat tayangan TV dan film tentang kegagalan mungkin penyimakannya akan berbeda dengan kultur bangsa Indonesia Secara tidak langsung, konon karakter orang Asia sangat memuja kesuksesan (itulah kenapa David Beckham dan Tiger Woods ngetop luarbiasa). Tapi pernahkah kita tahu tentang Scott Fischer atau George Malorry? hohoho pasti gak ada yang tau kan??

Mengilustrasikan sebuah kegagalan atau ketidakmampuan itu seperti 'wirang' (hina bin malu, shame, sharm, isin -urdu) alias hal yang tidak perlu diungkap. Menunjukkan ketidakmampuan di depan umum menurut orang Jawa adalah hal yang big NO. Yang menarik 'sharma' dalam bahasa sansekerta artinya bliss, happiness, good fortune. Jadi bukankah sebuah kegagalan bisa dilihat sebagai berkah?

Mungkin kalau saya sebagai produser maka saya akan membuat film tentang kegagalan sebagai sebuah film yang menjemukan bahkan menjijikan untuk ditonton . Apa sih yang bakal dilihat. Air mata, kepedihan dan caci maki bahkan penghinaan dan pastinya berujung tragis?

Well, bukankah hidup ini adalah drama. (hi hi..maunya mengutip American Idol). cut! bukankah yang sebenarnya bahwa hidup adalah pendakian panjang menuju puncak keabadian kawan!

Terima kasih kawan telah sudi menemani saya malam ini sambil berkemas mempersiapkan diri untuk meluncur ke Gunung Gede Pangrango besok hari dalam rangka membersihkan sampah di Gunung bersama teman teman pendaki lainnya
.
akhir kata saya mohon do'a restu semoga acara bisa berjalan dengan lancar.

Salam Rimba , Salam Lestari


Posting Komentar

25 Komentar

Li mengatakan…
artikelnya keren banget Abie...
wah ternyata Abie teh dewasa yaa...
Hati hati ya Abie...God Bless U...
sibaho mengatakan…
selamat berkarya bro, semoga kembali nanti membawa oleh2 tulisan yang banyak :)
zener_lie mengatakan…
judul bukunya dunk :)

oyah kenapa tidak kamu coba bikin script terus kasih produser :) penasaran ceritanya. jadi ingat slumdog yang mana cerita berbeda dari umumnya tapi keren banget.

oyah Scott Fischer dan George Malorry itu siapa?
Ranie mengatakan…
setiap kejadian yg qta alamin pastinya membawa berkah n hikmah, tergantung qta nyikapinnya...

bie... take care ya selama perjalanan pergi n pulang...n smoga aksi jamboremu bisa menggugah hati temen2 blogger untuk (lebih) mencintai alam..

btw, ga jadi ngasih PR ya?alhmdllh..nuhun bie..
lala mengatakan…
Buku itu judulnya apa? *penasaran mode on*

met jalan, moga2 lancar...
Jangan lupa sungkem dulu ma nyak babe!
e-je mengatakan…
sama atuh kang, saya ge hidup teh banyak sekali berteman dengan kegagalan..tapi pilot juga tadinya ga bisa langsung terbang, pasti banyak belajar dulu bahkan bertahun-tahun untuk bisa menerbangkan pesawatnya.
ikutan kang ah film na, kita berdua pemeran utama hehehehe....ati2 kang, kade aya perlengkapan nu katinggaleun ah...
bisnisway mengatakan…
selamat berangkat bie....sukses yo di pangrango...bedewei ntar lagi bakal ada ko film yang 80% isinya tentang kegagalan..mungkin tahun 2010 bakal liris...
brown sugar mengatakan…
Scott Fisher???? ..yang dimaksud Scott fisher Ama George Mallory climber yang ninggal di Everest bukan?
Sama sama climber cuma beda negara yang satu orang amrik yang satu orang Inggris...Is that Guys?
Be blessed you...yang mo naek Gede Pangrango....
suryaden mengatakan…
selamat naik lagi, kalo belajaran dair kegagalan dan bisa mengevaluasinya bagus bro...
IHSAN mengatakan…
hidup adalah keyakinan dan perjuangan itu kataku Lo
klo sampeyan kan hidup adalah pendakian

biar beda, yang penting sama dikit

he he he he
Atca mengatakan…
ati-ati...lagi musim hujan lhoh...
IjoPunkJutee mengatakan…
Di Akhir Semester, wali murid diundang ke sekolah untuk pengambilan Rapor,
Ketika diumumkan juara umum, sang siswa juara tersenyum bangga, namun terlihat bahwa ayahnya terlihat khawatir.

KEtika ditanya kenapa bukanya gembira malah khawatir? sang ayah berkata "selama ini anak saya tak pernah gagal, selalu menjadi peringkat teratas, terbiasa selalu menang, saya mengkhawatirkan bagaimana seandainya suatu saat dia mengalami kegagalan, apakah ia kan sanggup menghadapinnya...???

KEGAGALAN ADALAH PELAJARAN......!!!
indra putu achyar mengatakan…
Keinginan adalah sumber penderitaan...
Kegagalan adalah awal dari keberhasilan...

Titi DiJe adalah penyanyi 3D...
Kalo Hati-hati di jalan itu berarti ucapanku kali ini tuk abie yang mau meluncur ke gunung... nitip salam untuk anak-anak rimba... huehehehee
ADVINTRO mengatakan…
HARUS SEPERTI ITU, masa gagal bentar aja loyo, jangan ah!
Itik Bali mengatakan…
Wah Kang, artikelnya oke banget
jadi pengin tahu bukunya apa
kegagalan bisa jadi awal keberhasilan kang!
eh..tahu apa ya aku ini
pengalaman hidupku masih seupil kang

Tentang buat film
hmmm...jangan lupain aku ya..
aku bersedia di casting
jadi pemeran utama juga gak apa2
he..he maunya!
Linda Belle mengatakan…
hati hati di jalan yak..bawa oleh2 edelweis hehe..msh ada gak sih bunga itu?
ebeeth mengatakan…
hati2 ya kang, mudah2an selamat amin,.... awas ti sorodot ah, usum hujan ieu teh...
BeeMouNTaiN mengatakan…
@Zener Lie : scott Fischer melakukan expedisi Pada 10 Mei 1996 Scott memimpin tim dari Mountain Madness meninggal diterpa badai ganas. Walaupun pemimpinnya tak kembali namun semua kliennya (delapan orang) berhasil diselamatkan berkat kegigihan Anatoli Boukreev yang menjadi guide. Tak menghiraukan diri sendiri, Boukreev kembali mendaki untuk menyelamatkan tiga orang : Sandy Pittman, Charlotte Fox dan Pete Madsen namun gagal membawa Scott Fischer.

George Mallory yang tergabung dalam ekspedisi ke-3 dari inggris pada tahun 1924.dan pada 8 Juni 1924 kabar tentang kehilangan Mallory dan Irvin tercuat, tahun 1933 kapak es Irvine ditemukan pada ketinggian 8.230 meter dan pada tahun 1999 (73 tahun setelah hilang) giliran jasad Malorry ditemukan secara utuh bersama kaca mata salju, altimeter dan pisau lipat.


@ for All : thanks ya ..nah sekarang pamit beneran..keep spirit for climbing!
Marukatsu mengatakan…
Hi, I'm here! But..., I can't read! Thank you for your comment on my blog! Have a nice day!
MATA HATI mengatakan…
gagal dah menu utama kehidupan,. lht blog gunung jd pengen baca lg catatan seorang demonstran,,dimana ya..??
zhind mengatakan…
artikel yang mantaph kang...
jgn lupa salam buat gunung kembar ehh salah..gunung gede ya kang,hehehe,,,
J O N K mengatakan…
kalau menurut padi : "hidup hanya perhentian, gak usah terus berlali, ..." hehehe, itu kata padi lho kang ..

*sroottttt* masih flu inih
Mentari mengatakan…
kegagalan...adalah proses..jgn pikirkan kegagalan..pikirkan akhir prosesnya, apa yang kau pikirkan berbahaya buat dirimu...pernah dengar law of attraction...hati2 dengan pikiranmu...
Brigadista mengatakan…
asal jangan putus asa dan menyerah......... pasti berhasi...llll
suzhu mengatakan…
smangat..! kegagalan yng kmu alami itu proses pembelajaran diri arinya kamu g takut untuk menghadapi kegagalan..namanya juga dunia g ngerasakan gagal berarti tidak dpt merasakan indahnya dunia..hehehehehe ( sorry bro sok tau hehhehehe..)
advertise

Subscribe Text

Jangan lewatkan info kegiatan kami