Minimnya Informasi Jalur Pendakian Gunung di Indonesia

Minat untuk melakukan pendakian gunung di kalangan remaja bahkan orang tua akhir akhir ini semakin besar, tidak sedikit dari mereka aktif untuk mencari informasi tentang jalur pendakian gunung yang menjadi tujuannya itu. Namun, tidak sedikit dari mereka yang mengeluh karena informasi yang didapatkan tidak begitu akurat dan lengkap.

Kalau saya perhatikan selama ini saya melihat masih sedikit sekali data data dan informasi mengenai gunung yang akan didaki oleh para petualang khususnya non organisasi, informasi yang mereka dapatkan cenderung hanya melalui lisan saja dan data yang didapat pun berbeda beda karena dipengaruhi oleh latar belakang pendakinya.

Banyaknya kasus pendaki yang hilang atau nyasar di gunung ini, sala satu sebabnya adalah karena kurangnya pengetahuan atau informasi tentang jalur dan medan pendakian yang akan di laluinya kurang akurat.

sebenarnya ini pernah dibahas di beberapa forum pendakian seperti Yayasan Survival Indonesia, TRAMP atau Di Milis Jejak Petualang, tapi saya melihatnya itu hanya sebatas informasi tentang keindahan dan eloknya tempat tersebut dan belum hadir secara utuh sebagai informasi yang menyeluruh tentang informasi jalur pendakian.

Karena kurangnya informasi tentang jalur pendakian tadi maka saya mencoba menuliskan sedikit pengalaman pendakian yang pernah saya lakukan bersama teman teman di BeeMouNTaiN dan pengalaman waktu ikut di TRAMP indonesia serta dari rekan rekan di Wanadri yang sudah melakukan pendakian ke tempat tersebut.


Untuk mengulas dan mengupas tuntas jalur pendakian ini saya agendakan sebagai bahan posting berkala artinya seminggu sekali saya coba hadirkan tulisan tentang jalur jalur pendakian ini.di samping tulisan lain tentang perjalanan dan tips tips mendaki dan lain lain. Harapan saya semoga dengan adanya postingan ini bisa membantu teman teman yang akan melakukan pendakian.

Saya sangat senang sekali jika ada teman teman yang lain yang ada di daerah yang dekat dengan lokasi pendakian sudi memberikan informasi terbaru tentang jalur jalur pendakian ini.

Sebagai informasi tambahan bahwa pada tanggal 26 - 29 maret 2009 ini akan diadakan jambore di gunung gede tepatnya di lembah suryakencana. acara ini dimaksudkan untuk mempererat hubungan sesama pendaki di indonesia ini. selain itu peserta yang ikut dalam acara jambore ini akan ditugaskan untuk membersihkan sampah yang ada di sana . mudah-mudahan acara ini bisa berjalan dengan lancar dan Lembah Suryakencana di Gunung Gede kembali bersih.

Akhir kata, teruskanlah mendaki sampai puncak tertinggi di bumi ini!

Salam lestari, salam Rimba!

45 komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah dibalik hilangnya tujuh pendaki

Pendaki Punya Puisi

GUNUNG SALAK Kenangan Pendakian Tahun 2005