Pendakian Gunung Rinjani Dibuka kembali

Sudah sama sama kita ketahui kalau sekarang adalah musim kampanye di negeri dongeng, semua orang sibuk mencari berita seputar pemilu. mulai dari profil partai, tokoh bahkan sampai caleg gila., hanya Blog ini sepertinya yang ketinggalan zaman bahkan sedikitpun tak mengupas tentang pemilu.

Alasannya sih sederhana saja, coba kita perhatikan selama ini mereka hanya berbicara tentang janji janji dan ekspos keunggulan diri mereka sendiri. jangan jangan mengidap penyakit wahm ya sebagian caleg yang ada saat ini?. selama saya mengikuti perkembangan berita dari media cetak atau media tak tercetak tak pernah dari mulut mereka ada kata kata tulus keluar meneriakan "SAVE OUR EARTH" coba saja kita perhatikan. ( heu heu akhirnya ngupas pemilu juga hehehe...)

Ternyata hingar bingar dan ramainya pemilu di negeri dongeng masih kalah ramai bila dibandingkan dengan dunia bloger akhir akhir ini. hal ini ditandai dengan banyaknya award dan tags serta pe-er berseliweran di dunia bloger, tercatat ada beberapa nama yang memberikan award pada BeeMouNTaiN, yang sampai saat ini belum sempat dikerjakan oleh Pemiliknya. satu hal yang harus dicatat adalah solidaritas bloger bukan sebatas omong kosong, tidak seperti mereka di negeri dongeng yang selalu menjajikan kesejahteraan dan kemapanan hidup yang tak pernah terbukti!

Ada kabar yang sangat menggembirakan muncul dari balik gunung jauh dari hiruk pikuk dan ramainya kota, berita ini saya ambil dari media indonesia yang memberitakan bahwa pendakian gunung Rinjani,Provinsi Nusa Tenggara Barat(NTB) tahun 2009 akan dibuka oleh pengelola Balai Taman Nasional gunung Rinjani (TNGR) mulai 26 Maret mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Gita Ariadi, di Mataram, , mengatakan, Kepala TNGR, Arief Toengkagie, telah mengundang Gubernur NTB, KH. M. Zainul Majdi, untuk membuka secara resmi musim pendakian tahun 2009 itu. "Pak Arief sudah menemui Gubernur (Zainul Majdi, red) untuk membuka musim pendakian gunung Rinjani tahun 2009, yang dijadwalkan 26 Maret," ujarnya.

Ariadi menambahkan, jika Gubernur NTB membuka musim pendakian itu maka para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait juga wajib menghadiri acara tersebut.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB telah memasukkan kegiatan pendakian gunung Rinjani atau 'Rinjani Race' dalam agenda pariwisata tahunan yang dimulai tahun 2008 untuk mendukung target kunjungan wisatawan mancanegara.

TNGR merupakan kawasan wisata andalan NTB yang telah dikenal dunia internasional karena pada Tahun 2004 menerima penghargaan dunia yakni 'World Legacy Award' dari National Geographic sebagai daerah wisata yang berhasil mengembangkan pariwisata berbasis ekowisata.

Tahun 2008 pun TNGR termasuk tiga finalis 'Tourist for Tourism Award' untuk kategori 'Destination Award' yang diselenggerakan oleh World Tourist and Tourism Council (WTC) yang bermarkas di London, Inggris.

Dua finalis lainnya merupakan obyek wisata di Amerika Serikat dan Kanada yang mampu menyaingi 147 obyek wisata lainnya dari 40 negara di bidang pengelolaan kepariwisataan yang tetap memperhatikan aspek pemberdayaan masyarakat setempat.

Selain itu, TNGR pun telah diusulkan untuk ditetapkan sebagai geopark (taman bumi) yang akan menambah jumlah geopark dunia yang saat ini berjumlah 53 buah dan tersebar di 17 negara di bawah jaringan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Saat ini, Balai TNGR masih menutup jalur resmi pendakian gunung Rinjani terhitung 2 Januari lalu, terkait cuaca buruk (hujan dan angin kencang). Sebagaimana biasa, jalur resmi pendakian ke gunung Rinjani dibuka untuk umum setiap tahun yang dimulai pertengahan April hingga awal Desember.

Meskipun pemilu di negeri dongeng sedang berlangsung, jangan sampai mengurangi minat dan aktivitas kita untuk tetap mendaki gunung. karena dengan mendaki itulah jiwa kita menjadi sehat dan fisik pun menjadi kuat!

Posting Komentar

52 Komentar

IjoPunkJUtee mengatakan…
Kado terindah bagi para Pendaki....., Rinjani, baru sebatas "desas-desus" bagiku. Tak berani berkhayal kapan dapat "menjamahnya". Nitip absen ajah ya klo abie nyampe ke sana.....
s4kti mengatakan…
wah,,,,kl denger nama ini jadi inget sm host acara tv. RINJANI JANGKARU.....wakakkakakkka.
rinjani..temenku yang bandel banget tobat gara2 naek gunung ini...
Kang Artha mengatakan…
jadi inget dulu pernah naik gunung terus kram,,,,jadi trauma tuh ^_^
Risti mengatakan…
memang gunung rinjani setiap tahunnya selalu jadi tujuan pendakian para adventure.
brown sugar mengatakan…
Kapan ya bisa sampe ke Rinjani?...hehehe ...pengen ke Ranukumbolo aja belum kesampaian....
ngayal ke rinjani....lewati dulu ya mas arjuna ma ranukumbolo..baru rinjani...huekssss
Ghustie Samosir mengatakan…
Gak pernah naik gunung nich :D
suryaden mengatakan…
hmm. kangen sama 7 bukit penyesalan itu...
kangen berat bung... contreng gunungnya... hahahaha..
J O N K mengatakan…
wah Rinjani di open nih kang. wah siap-siap untuk di daki nih ...

saya ikut deh, tapi digendong hohohoho ... *keplak*
gdpermana mengatakan…
ambil aja kang.. saya seneng kalo awardnya diambil..
lala mengatakan…
Abie kalo hicking ke Rinjani jangan lupa mampir ke Senggigi!!! *promosi.com*
Pantai di Lombok bagus juga kok hehehe...
e-je mengatakan…
betul kang, jangan sampai kegiatan kita terganggu hanya gara-gara kampanye yang katanya pesta rakyat, padahal pesta pejabatnya 5 tahun..
selamat deh buat para pendaki, karena bisa menaiki lagi rinjani..
Berang-berang makan kawat... Berangkaaaaattt cuuuyy... hihihi
CHE_3Z mengatakan…
Wah kpn ya bisa mendaki gunung beneran..:)
septiananda mengatakan…
dulu pernah naek gunung waktu smp ^^
dwi mengatakan…
hmmm....rinjani....selalu menantang untuk di daki....coz dl pernah gabisa ikut temen2 ke rinjani krn sakit...hehe,
dah brp kali nih naik rinjani?
Ranie mengatakan…
abie..nie pgn ikut klo abie mu ksana....tapi nie mah mu pake helikopter ja,nungguin abie di puncak..hehe...udah dijadwalin mu rinjani bie?sok atuh..
si arum mengatakan…
Betul Mas Aby aku juga bosen dengan obral janji para caleg yang aku temui sepanjang perjalanan ini. Dalam poster yang terpampang tak pernah ada sama sekali redaksi yang berbunyi, "Selamatkan bumi dari krisis energi,air, polusi udara yang sudah tercemar dari limbah industri pabrik." Tak ada redaksi macam itu baik di Jakarta-Pantura dan saat ini di Timur Propinsi Jawa Tengah.
Karena kalau ajakan kembali ke alam seperti cinta gunung, alam semesta, tumbuh-an aku sambut hangat ajakan ini. Masih di Hotel Wijaya Lasem, 28 tahun silam aku masih terngiang2 lagunya RITA RUBI HARLAND yang bercerita tentang PENDAKIAN. Lagu ini bercerita tentang cinta alam bagi pendaki gunung. Maaf aku sudah lupa judulnya. Mungkin Mas Abi bisa ngoreksi judul lagu itu. Bisa didapatkan di toko kaset.
si arum mengatakan…
Kalau nanti mau mendaki Rinjani saya titip pesan saja jaga kesehatan yang baik serta doa saya yang tulus, saya bekali REIKI JARAK JAUH untukmu. Semoga sukses dalam pendakian dan sebarkan ajakan selamatkan bumi dari kehancuran, kita belum terlambat. Tuhan masih mencintai hamba-NYA yang masih mau dan peduli memelihara Ciptaan-NYA agar tidak rusak. Kalau sudah rusak bencana yang akan datang.
Dinoe mengatakan…
Bagus artikenya...mencintai alam itu perbuatan mulia...berekspresi dgn cara sendiri lebih bermakna dan menunjukkan bahwa kita bisa lebih dari orang lain..tetap semangat sobat ...cheers...
Nadia mengatakan…
,aargh.....jdi kangen pengen naek gunung lagiiii.....
Ir. hydir mengatakan…
wah..seronok mendaki ya
saya gunung paling tinggi pernah daki cuma gunung ledang di Johor tahun 2006

bagus sekali kalo dapat mendaki .. saya target mahu daki gunung kinabalu di sabah tahun depan .. mahu eksesais dulu..kasi "fit".. :)

kbsoccernet.com
sibaho mengatakan…
sip. sip.
btw, politikus belum kedengeran nih menggandeng para pecinta alam. ketauan malesnya ya mas klo musti kampanye di puncak gunung :))
Atca mengatakan…
aku daftar yah heheheh
indra putu achyar mengatakan…
mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah di samudera... bersama teman, bertualang....

kalo udah dibuka lagi, kapan abie naik ke sana...??? ikuuuuuuuuuut, huehehehehe
indra putu achyar mengatakan…
Kritis, tapi etis... huehehehehe kayak koran tempo aza yak....
hepi b'day yak bie....kwakakakakak
sri mengatakan…
Hi friend.. Interesting post.. Nice blog work.. keep it up..
will drop by your site often.. Do find time to visit my blog and post your comments..
Have a great day.. Cheers!!!
Erik223942 mengatakan…
Gunung Rnjani di Lombok, belum pernah saya kesana.
Saya pernah mendaki gunung batur dan gunung Agung di Bali
Mampir Ngombe mengatakan…
Senengnya bisa menikmati keindahan alam......

Bisa menjadi tadabbur alam, betapa Maha Kuasa Allah SWT yang telah menciptakan alam semesta ini....
bunda mengatakan…
duh senengnya yg bisa naik gunung.. ati-ati aja ntar lupa turun gunung saat mo nyontreng.heuheu
Diary Pink mengatakan…
wah... naik gunung lagi ya... pantesan jarang mampir lagi :)
Lyla mengatakan…
hati2 kalo naik gunung jangan lupa berdoa, bawa kompas, bawa selimut dll hehe... jadi kyk emak2 hehe emang udah emak2 :D
sungaikuantan.com mengatakan…
salam kompak selalu dari sungai kuantan...
Regen Said mengatakan…
Dulu kata guruku gunung rinjani merupakan gunung yang penuh keajaiban bagi masyarakat lombok....jadi temukanlah keajaiban sebanyak mungkin di gunung itu
sungaikuantan.com mengatakan…
sekali kali jgn.. mendaki aja....
berakit dink ke Sungai kuantan...
hihihi...
Senoaji mengatakan…
*berdoa* supaya fisik kembali gresss kayak dulu!! PINGGIIINNNN!!!! naik gunung lagi!

*ada gak ya gunung yang pendek????*
The Chakiman mengatakan…
kunjungan pertama penuh pengalaman berharga
BLOG yang minimalis :)
pemilu dan kampanye memang sedang merajagila but tidak berarti harus berhenti manjat gunung
terus semangat n ngeblog
just call me the chakiman :)
pakdejack mengatakan…
saya udah pernah ke semeru, tp belum kesampaian ke rinjani :(
ardi33 mengatakan…
pengen banget tapi gak punya temend....
bibi gue suka banget tuh ndakii...tapi lum pernah ke Rinjani...hehe
BeeMouNTaiN mengatakan…
@ardie: bilang aja ke bibinya kapan mo hicking bareng ya!
Edwin Abiresta Eri mengatakan…
pasang LINK mu yhahh..ditunggu jugag komen nya malam ini
picas mengatakan…
Wah..Pengalaman yang sangat menarik..
Saya hanya pernah sekali,, itupun kategori bukit aja..
Suster Gila mengatakan…
Kapan kesana? Pengen ikuuuuut.



**Gara-gara baca 5cm**
www.katobengke.com mengatakan…
wah kalau aq sih baru liat nih gunung dari televisi....
tuk mendakinya aq sih masih sebatas menaikinya so aq naik kapal yang nanmanya diambil dari nama gunung tersebut....
heheheheh...................
nirmana mengatakan…
wah, hebat klo petualang dah sukses mendaki puncak rinjani.
Joe mengatakan…
wah musti siap banget neh persiapannya jangan sampai di atas gunung ada peralatan yang ketinggalan deh bisa stress apalagi tinggal rokok dingin euuyyy :D
mama hilda mengatakan…
hebat..udah berhasil ke puncak rinjani sekarang giliran ke pegunungan anak himalaya mas..:) indah bukan main..
salam kenal ya
suzhu mengatakan…
hebat..slm bro!! walo-pun aq sangat g ngerti hidup sebagai pendaki tapi aq salut krn para pendaki lbh peduli ma lingkugan dari pada bpk2 ma ibu2 gendut yg duduk di kursi DPR yng cuma bisa ngomong doank!
budiawanhutasoit mengatakan…
ooo..jadi rinjani udah dibuka lagi ya..
trus abie kapan ke sana..

kalo saya sih, ke gunung sahari dulu aja deh..hehe
Misy'al mengatakan…
q hampir ke semeru....tapi berhubung cuaca ga ngedukung, eh....larinya ke Arjuno (tapi enak kok)
wah sip banget tuh, kapan2 mau ikut ah...boleh?
Stop Dreaming Start Action
karrimor mengatakan…
exotic mountain..jd kangen lg ksono..
advertise

Subscribe Text

Jangan lewatkan info kegiatan kami