Langsung ke konten utama

Pendakian Gunung Rinjani Dibuka kembali

Sudah sama sama kita ketahui kalau sekarang adalah musim kampanye di negeri dongeng, semua orang sibuk mencari berita seputar pemilu. mulai dari profil partai, tokoh bahkan sampai caleg gila., hanya Blog ini sepertinya yang ketinggalan zaman bahkan sedikitpun tak mengupas tentang pemilu.

Alasannya sih sederhana saja, coba kita perhatikan selama ini mereka hanya berbicara tentang janji janji dan ekspos keunggulan diri mereka sendiri. jangan jangan mengidap penyakit wahm ya sebagian caleg yang ada saat ini?. selama saya mengikuti perkembangan berita dari media cetak atau media tak tercetak tak pernah dari mulut mereka ada kata kata tulus keluar meneriakan "SAVE OUR EARTH" coba saja kita perhatikan. ( heu heu akhirnya ngupas pemilu juga hehehe...)

Ternyata hingar bingar dan ramainya pemilu di negeri dongeng masih kalah ramai bila dibandingkan dengan dunia bloger akhir akhir ini. hal ini ditandai dengan banyaknya award dan tags serta pe-er berseliweran di dunia bloger, tercatat ada beberapa nama yang memberikan award pada BeeMouNTaiN, yang sampai saat ini belum sempat dikerjakan oleh Pemiliknya. satu hal yang harus dicatat adalah solidaritas bloger bukan sebatas omong kosong, tidak seperti mereka di negeri dongeng yang selalu menjajikan kesejahteraan dan kemapanan hidup yang tak pernah terbukti!

Ada kabar yang sangat menggembirakan muncul dari balik gunung jauh dari hiruk pikuk dan ramainya kota, berita ini saya ambil dari media indonesia yang memberitakan bahwa pendakian gunung Rinjani,Provinsi Nusa Tenggara Barat(NTB) tahun 2009 akan dibuka oleh pengelola Balai Taman Nasional gunung Rinjani (TNGR) mulai 26 Maret mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Gita Ariadi, di Mataram, , mengatakan, Kepala TNGR, Arief Toengkagie, telah mengundang Gubernur NTB, KH. M. Zainul Majdi, untuk membuka secara resmi musim pendakian tahun 2009 itu. "Pak Arief sudah menemui Gubernur (Zainul Majdi, red) untuk membuka musim pendakian gunung Rinjani tahun 2009, yang dijadwalkan 26 Maret," ujarnya.

Ariadi menambahkan, jika Gubernur NTB membuka musim pendakian itu maka para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait juga wajib menghadiri acara tersebut.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB telah memasukkan kegiatan pendakian gunung Rinjani atau 'Rinjani Race' dalam agenda pariwisata tahunan yang dimulai tahun 2008 untuk mendukung target kunjungan wisatawan mancanegara.

TNGR merupakan kawasan wisata andalan NTB yang telah dikenal dunia internasional karena pada Tahun 2004 menerima penghargaan dunia yakni 'World Legacy Award' dari National Geographic sebagai daerah wisata yang berhasil mengembangkan pariwisata berbasis ekowisata.

Tahun 2008 pun TNGR termasuk tiga finalis 'Tourist for Tourism Award' untuk kategori 'Destination Award' yang diselenggerakan oleh World Tourist and Tourism Council (WTC) yang bermarkas di London, Inggris.

Dua finalis lainnya merupakan obyek wisata di Amerika Serikat dan Kanada yang mampu menyaingi 147 obyek wisata lainnya dari 40 negara di bidang pengelolaan kepariwisataan yang tetap memperhatikan aspek pemberdayaan masyarakat setempat.

Selain itu, TNGR pun telah diusulkan untuk ditetapkan sebagai geopark (taman bumi) yang akan menambah jumlah geopark dunia yang saat ini berjumlah 53 buah dan tersebar di 17 negara di bawah jaringan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Saat ini, Balai TNGR masih menutup jalur resmi pendakian gunung Rinjani terhitung 2 Januari lalu, terkait cuaca buruk (hujan dan angin kencang). Sebagaimana biasa, jalur resmi pendakian ke gunung Rinjani dibuka untuk umum setiap tahun yang dimulai pertengahan April hingga awal Desember.

Meskipun pemilu di negeri dongeng sedang berlangsung, jangan sampai mengurangi minat dan aktivitas kita untuk tetap mendaki gunung. karena dengan mendaki itulah jiwa kita menjadi sehat dan fisik pun menjadi kuat!
52 komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendaki Punya Puisi

Kerinduan nyanyian alam
Membawa angan melayang
Susuri tapak-tapak kaki silam
Tertutup semak berduri dan berdebu
Yang sekian lama menyesak kalbu
Menguji kekuatan sanubari kehidupan demi kehidupan
Menuju puncak kehormatan meski tanpa bentuk
Seperti terlukis dalam benak


Semakin lama langkah tak terkendali, terseok-seok
Jatuh bangun, kadang keluar jalur setapak
Aku tersentak, bingung, kagum, penat, …

Entah apalagi
Terdiam berdiri kutoleh ke segala penjuru arah
Oh… ternyata harus jengah sejenak mengusap keringat
Dingin berselimut kabut terasa menusuk belulang
Terduduk lamunan membawa bimbang
Pada seluruh perseteruan rasa, asa, dan maut…


Namun, gejolak itu cepat mereda terbuai
Rona alam yang tak asing dalam ingatan
Keabadian edelweis mengejek sisa-sisa semangat
Aku marah …
Aku berontak menggandeng segenap rasa
Yang bersemayam dalam diri mencoba jejakkan langkah
Pada episode selanjutnya


Akhirnya, …
Perjalanan hidup mati ini pun sampai pada puncaknya
Sembah sujud mencium tanah kebebasan
Semb…

Kisah dibalik hilangnya tujuh pendaki

...hahahaha.. kata itu yang pantas aku ucapkan setelah selesai mendaki bersama TIM Gabungan pencari korban. Betapa tidak, berawal dari kepanikan salah seorang anggota pendaki, hingga akhirnya merembet ke kota bahkan seluruh negeri, menjadi berita utama media massa, dikhawatirkan orangtua, dan dicari-cari puluhan orang di gunung, padahal mereka sendiri (merasa) baik-baik saja di gunung. Sempat ada dugaan, bahwa Trias yang bukan anggota Tribuana digojlok oleh teman-temannya, sengaja disuruh berjalan sendiri, hingga kemudian dia panik dan mengirim sms ke salah satu temannya di Jakarta. Tapi hal ini tidak benar, kata Zion, leader, yang mengatakan bahwa Trias memang mendahului teman-temannya agar lebih cepat mencapai puncak. Trias hampir terjebak gelap, panik, Selama beberapa hari mereka menjadi berita utama di media massa, sementara (katanya) mereka baik-baik saja di gunung. Bahkan oleh warga yang menemukan mereka katanya mereka sedang enak-enak bikin sop ayam. Tentu saja mereka mengelak…

JALUR PENDAKIAN ALTERNATIF GUNUNG GEDE

Sebelumnya kami mohon maaf bila tulisan ini tidak berkenan di beberapa orang/instansi karena tulisan di bawah ini saya hadirkan bukan bermaksud untuk mengajak teman-teman pendaki/pecinta alam untuk menjadikan jalur ini sebagai jalur utama.. karena judulnya juga kan Jalur alternatif. Ini hanya sebagai sumber tambahan lain bahwa keindahan gunung Gede dan Pangrango dapat dinikmati dari semua sisi dan tentunya akan menjadi sebuah perjalanan yang menyenangkan, menantang dan takkan terlupakan.
Pertama kali saya dan teman teman BeeMouNTaiN Adventure mendapatkan informasi ini dari seorang petani di wilayah kaki gunung Gede Pangrango tepatnya di sekitar daerah Pasir Datar Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi. Saat itu saya sedang bersilaturahmi dengan seorang teman yang sama-sama suka mendaki gunung juga. Awalnya rencana saya mendaki gunung akan memakai jalur resmi yaitu dari jalur Cibodas dan Gunung Putri Cianjur, namun entah kenapa dalam pikiran muncul niat untuk mencoba jalur yang di …